Thursday, 21 April 2011

Gunung & Pegunungan

10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

[10]gunung argapura (3088m)


Gunung Argapura merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung ini sering juga disebut dengan Argopuro.

Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Gunung ini termasuk bagian dari pegunungan Iyang yang terletak di kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis/gunung Welirang(topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argapura mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.


[9]gunung merbabu (3145m)


Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur, Propinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.


[8]gunung sindoro (3150m)


Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro (altitudo 3.150 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).


[7]gunung welirang (3156m)


Gunung Welirang (atau Walirang, nama kuna) merupakan sebuah gunung yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. "Welirang" dalam bahasa Jawa berarti belerang. Gunung Welirang mempunyai ketinggian setinggi 3,156 meter dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.


[6]gunung lawu (3265m)


Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.

Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Agak ke bawah, di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit: Candi Sukuh dan Candi Cetho. Di kaki gunung ini juga terletak komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran: Astana Girilayu dan Astana Mangadeg. Di dekat komplek ini terletak Astana Giribangun, mausoleum untuk keluarga presiden kedua Indonesia, Suharto.


[5]gunung raung (3322m)


Gunung Raung merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia dan mempunyai ketinggian setinggi 3,332 meter. Gunung Raung mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.


[4]gunung sumbing (3336m)


Gunung Sumbing merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Sumbing mempunyai ketinggian setinggi 3.371 meter.

Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah di gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian. Di puncaknya gunung ini mempunyai kawah yang masih aktif.


[3]gunung arjuno (3339m)


Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna) terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu.

Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang. Puncak Gunung Arjuno terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Welirang. Selain dari dua tempat diatas Gunung Arjuno dapat didaki dari berbagai arah yang lain. Gunung yang terletak di sebelah barat Batu, Malang - Jawa Timur ini juga merupakan salah satu tujuan pendakian. Disamping tingginya yang telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ini terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo yang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuna. Meskipun selain objek wisata air terjun Kakek Bodo terdapat pula air terjun lain, tetapi para wisatawan jarang yang mendatangi air terjun lainnya, mungkin karena letak dan sarana wisatanya kurang mendukung.

Gunung Arjuno mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Arjuno dapat didaki dan berbagai arah, arah Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang,dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta), dan arah selatan (Karangploso), juga dari kecamatan Singosari melalui desa Sumberawan. Desa Sumberawan adalah desa pusat kerajinan tangan di kecamatan Singosari merupakan desa terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pendakian.


[2]gunung slamet (3432m)


Gunung Slamet (3.432 meter) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Terdapat empat kawah di puncaknya yang semuanya aktif.

Di kaki gunung ini terdapat sebuah kawasan wisata bernama Baturraden atau Batur Raden. Kawasan wisata ini biasa dicapai orang dari kota Purwokerto, ibukota Kabupaten Banyumas.

Gunung Slamet merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan ekspedisi para pendaki, baik dari wilayah setempat maupun wilayah lainnya. Gunung ini mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Dalam buku yang berjudul "Three Old Sundanese Poems", terbitan KITLV Leiden tahun 2006, J. Noorduyn menyebutkan bahwa nama "Slamet" adalah relatif baru yaitu setelah masuknya Islam ke Jawa. Dengan merujuk kepada naskah kuno Sunda Bujangga Manik, Noorduyn menuliskan bahwa nama lama dari gunung ini adalah Gunung Agung.

Aktivitas terakhir adalah pada bulan Mei 2009 dan sampai Juni masih terus mengeluarkan lava pijar.


[1]gunung semeru (3676m)


Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Posisi gunung ini terletak diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Gunung & Pegunungan di Indonesia

Bali
Gunung Abang (2.152 m)

Gunung Agung (3.142 m)
Gunung Batukau (2.276 m)

Gunung Batur (1.717 m)

Gunung Catur (2.098 m)

Gunung Sangiang (2.087 m)


Bengkulu
Gunung Bapagat (2.732 m)

Gunung Dempo (3.159 m)
Gunung Dingin (2.020 m)

Gunung Gadang (2.466 m)
Gunung Patah (2.817 m)

Gunung Runcing (2.221 m)
Gunung Seblat (2.883 m)

Gunung Tangkitlebak (2.115 m)


DI Aceh
Gunung Abong-abong (3.015 m)

Gunung Bandahara (3.030 m)
Gunung Bateekeubeu (2.840 m)

Gunung Bateemecica (1.140 m)
Gunung Bumi Geureudong (2.670 m)

Gunung Bumi Telong (2.600 m)
Gunung Geureudong (2.590 m)

Gunung Leuser (4.446 m)
Gunung Mueajan (3.079 m)

Gunung Panet Sagu (3.019 m)
Gunung Panjang (2.023 m)

Gunung Perkison (2.532 m)
Gunung Segama (2.015 m)

Gunung Sorik Merapi (2.145 m)
Gunung Tangga (2.500 m)

Gunung Tinjaulaut (2.105 m)
Gunung Ulumasen (2.390 m)


Jambi
Gunung Sumbing (2.507 m)

Gunung Masurai (2.935 m)


Jawa Barat
Gunung Bukittunggul (2.203 m)

Gunung Burangrong (2.064 m)
Gunung Cikurai (2.821 m)

Gunung Cireme (3.078 m)
Gunung Galunggung (2.168 m)

Gunung Gede (2.958 m)
Gunung Guntur (2.249 m)

Gunung Kancana (2.182 m)
Gunung Malabar (2.321 m)

Gunung Masigit (2.078 m)
Gunung Pangrango (3.019 m)

Gunung Papandayan (2.665 m)
Gunung Patuha (2.434 m)

Gunung Salak (2.211 m)
Gunung Tangkuban Perahu (2.084 m)

Gunung Telaga Bodas (2.201 m)
Gunung Tilu (2.040 m)

Gunung Wayang (2.181 m)
Gunung Windu (2.054 m)


Jawa Tengah
Gunung Bismo (2.365 m)

Gunung Merapi (2.914 m)
Gunung Merbabu (3.142 m)

Gunung Muria (1.602 m)
Gunung Perahu (2.565 m)

Gunung Rogojembangan (2.177 m)
Gunung Slamet (3.418 m)

Gunung Sumbing (3.371 m)
Gunung Sundoro (3.150 m)

Gunung Ungaran (2.050 m)


Jawa Timur
Gunung Anjasmoro (2.282 m)

Gunung Argomayang (2.198 m)
Gunung Argopuro (3.088 m)

Gunung Arjuna (3.339 m)
Gunung Bromo (2.392 m)

Gunung Butak (2.868 m)
Gunung Cemarakuning (2.248 m)

Gunung Jambangan (2.482 m)
Gunung Kawi (2.651 m)

Gunung Kelud (1.731 m)
Gunung Lawu (3.265 m)

Gunung Liman (2.512 m)
Gunung Mahameru/Semeru (3.676 m)

Gunung Merapi (2.800 m)
Gunung Raung (3.332 m)

Gunung Suket (2.950 m)
Gunung Welirang (3.166 m)

Gunung Wilis (2.169 m)


Kalimantan Barat
Gunung Bukitraya (2.278 m)

Kalimantan Timur
Gunung Harun (2.160 m)

Gunung Liangpran (2.240 m)


Lampung
Gunung Krakatau (913 m)

Gunung Tanggamas (2.102 m)


Maluku
Gunung Binaiya (3.019 m)

Gunung Gamalama (2.700 m)
Gunung Kapaladmada (2.429 m)

Gunung Laworkawra (4.481 m)
Gunung Legatala (4.241 m)

Gunung Nieuwerkerk (4.185 m)
Gunung Serawema (4.355 m)

Gunung Sibela (2.111 m)
Gunung Wetar (5.282 m)

Gunung Wurlali (4.668 m)


Nusa Tenggara Barat
Gunung Ebulolobo (2.123 m)

Gunung Rinjani (3.726 m)
Gunung Kalimutu (1.640 m)

Gunung Kondo (2.947 m)
Gunung Nangi (2.330 m)

Gunung Tambora (2.851 m)

Gunung Inerie (2.245 m)


Nusa Tenggara Timur
Gunung Batutara (3.750 m)

Gunung Keknemo (2.070 m)
Gunung Ranakah (2.400 m)


Papua
Gunung Arfak (2.940 m)

Gunung Derabaro (4.150 m)
Gunung Dwikora (4.750 m)

Gunung Jaya/Ngapulu (5.030 m)
Gunung Kwoko (3.000 m)

Gunung Mandala (4.700 m)
Gunung Redoura (3.083 m)

Gunung Togwomeri (2.680 m)
Gunung Trikora (4.750 m)

Gunung Yamin (4.595 m)
Gunung Yaramamafaka (3.370 m)


Pulau Sangir

Gunung Api (5.000 m)


Sulawesi Selatan
Gunung Anuan (3.673 m)

Gunung Balease (3.016 m)
Gunung Gandadinata (3.074 m)

Gunung Kabinturu (2.655 m)
Gunung Kambuno (2.950 m)

Gunung Lampobatang (2.871 m)
Gunung Paroreang (2.616 m)

Gunung Rantemado (3.445 m)
Gunung Sinajai (2.669 m)

Gunung Tolondokalaud (2.884 m)


Sulawesi Tengah
Gunung Butumpu (2.400 m)

Gunung Daku (2.304 m)
Gunung Dali (2.253 m)

Gunung Dampal (2.304 m)
Gunung Gawalisi (2.023 m)

Gunung Gentilomatinan (2.207 m)
Gunung Kulawi (3.311 m)

Gunung Lambuno (2.443 m)
Gunung Lompopana (2.480 m)

Gunung Lumut (2.234 m)
Gunung Mad (2.552 m)

Gunung Malino (2.443 m)
Gunung Maruwali (2.280 m)

Gunung Nokilalaki (2.355 m)
Gunung Ogoamas (2.565 m)

Gunung Pekawa (2.314 m)
Gunung Rerekautimdu (2.508 m)

Gunung Salai (2.040 m)
Gunung Sidole (2.099 m)

Gunung Sonjo (3.225 m)
Gunung Tambusisi (2.422 m)

Gunung Tanamatua (2.543 m)
Gunung Tinombala (2.183 m)

Gunung Towengkeli (2.229 m)
Gunung Tumpu (2.400 m)


Sulawesi Tenggara
Gunung Mengkoka (2.790 m)

Gunung Watuwila (2.000 m)

Sulawesi Utara
Gunung Awu (3.330 m)

Gunung Boliohutu (2.065 m)
Gunung Colo (2.509 m)

Gunung Karangetung (2.700 m)
Gunung Klabat (2.022 m)

Gunung Tentolomatinan (2.207 m)


Sumatra Barat
Gunung Gedang (2.050 m)

Gunung Kerinci (3.800 m)
Gunung Maitang (2.262 m)

Gunung Marapai (2.891 m)
Gunung Ophir (2.191 m)

Gunung Pantai Cermin (2.690 m)
Gunung Pasaman (2.900 m)

Gunung Singgalang (2.877 m)
Gunung Talakmau (2.912 m)

Gunung Talang (2.597 m)
Gunung Tandiket (2.438 m)


Sumatra Selatan
Gunung Besagi (2.232 m)

Sumatra Utara
Gunung Sibayak (2.094 m)

Gunung Sibuatan (2.457 m)
Gunung Sihabuhabu (2.300 m)

Gunung Sinabung (2.412 m)
Gunung Sipoimcim (2.199 m)

Gunung Tampunanjing (2.008 m)
Gunung Kalau (2.171 m)


Pegunungan Tinggi di Indonesia

Pegunungan Tinggi Atlas Terletak di Provinsi DI Aceh
Pegunungan Tinggi Barui Terletak di Provinsi Sulawesi Tengah
Pegunungan Tinggi Batak Terletak di Provinsi Sumatra Utara
Pegunungan Tinggi Bingkoku Terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara
Pegunungan Tinggi Bone Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan
Pegunungan Tinggi Bukit Barisan Terletak di Provinsi Bengkulu
Pegunungan Tinggi Charles Louis Terletak di Provinsi Papua
Pegunungan Tinggi Cianjur Terletak di Provinsi Jawa Barat
Pegunungan Tinggi Dieng Terletak di Provinsi Jawa Tengah
Pegunungan Tinggi Gayo Terletak di Provinsi DI Aceh
Pegunungan Tinggi Jayawijaya Terletak di Provinsi Papua
Pegunungan Tinggi Kapuas Hulu Terletak di Provinsi Kalimantan Barat
Pegunungan Tinggi Karo Terletak di Provinsi Sumatra Utara
Pegunungan Tinggi Kerinci Terletak di Provinsi Sumatra Barat
Pegunungan Tinggi Luwu Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan
Pegunungan Tinggi Magelang Terletak di Provinsi Jawa Tengah
Pegunungan Tinggi Malang Terletak di Provinsi Jawa Timur
Pegunungan Tinggi Minahasa Terletak di Provinsi Sulawesi Utara
Pegunungan Tinggi Minangkabau Terletak di Provinsi Sumatra Barat
Pegunungan Tinggi Muller Terletak di Provinsi Kalimantan Barat
Pegunungan Tinggi Pasai Terletak di Provinsi DI Aceh
Pegunungan Tinggi Penreng Terletak di Provinsi Sulawesi Tengah
Pegunungan Tinggi Priangan Terletak di Provinsi Jawa Barat
Pegunungan Tinggi Skhwaner Terletak di Provinsi Kalimantan Barat
Pegunungan Tinggi Sudirman Terletak di Provinsi Papua
Pegunungan Tinggi Sumedang Terletak di Provinsi Jawa Barat
Pegunungan Tinggi Tengger Terletak di Provinsi Jawa Timur
Pegunungan Tinggi Wajo Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan

1 comment:

  1. Informasi yang bermanfaat,Terima kasih.
    http://deni_yudhistira.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete